FILSAFAT PAK
Nama
: Dewi Karni Raya
Prodi
: Pendidikan Agama Kristen
M
K : Filsafat Pendidikan
Dosen
: Dr. Yohannis Siahaya.,M.Th
RESENSI BUKU
FILSAFAT PENDIDIKAN
Judul
Buku : Filsafat pendidikan
Pengarang
: Muhammad Anwar
Penerbit
: Prenadamedia Group
Tahun
Terbit : 2015
Tempat
Terbit : jakarta
Tebal
Buku : 176 halaman
Sebagai
buku pembelajaran filsafat
pendidikan yang di tujukan kepada
mahasiswa bahwa filsafat merupakan hal yang biasa, tidak jauh berbeda dengan
ilmu-ilmu yang lain dan dapat di alami dan dilakukan oleh semua orang yang
dapat berfikir normal. Materinya di pilih hanya mengenain pokok-pokok yang
menyangkut kasus yang terjadi pada kehidupan sehari-hari. Sehingga mahasiswa
dengan mudah melihat nilai praktis dan materi filsafat pendidikan. Namun tidak
mengurangi karakteristik filsafat yang memang menuntut kegiatan berpikir yang sungguh-sungguh.
Buku ini membahas perihal filsafat
pendidikan yang lahir dari ilmu pendidikan sebagai ilmu pengetahuan praktis, mengandung
maksud bahwa pendidikan sebagai aspek kebudayaan yang mempunyai tugas, antara
lain menyalurkan nilai-nilai hidup, melestarikan, dan mengembangkan nilai-nilai
tingkah laku kepada subjek didik yang bersumber dari filsafat dan atau kearifan
orang tua dan keluarga. Pelaksanaa pendidikan tersebut juga merangkum antara
teori pengetahuan dan filsafat yang terkadung. Di dalam pelajaran yang di berikan para pendidik.
Kajian utama dalam buku” filsafat
pendidikan” ini secara komprehensif menyajikan dan membahas topik materi pokok
filsafat, antara lain : (1) pengertian dan kedudukan filsafat dalam ilmu
pengetahuan dan kehidupan manusia; (2) pengertian pendidikan dan filsafat
pendidikan serta peranannya; (3) masalah pokok filsafat dan pendidikan; (4)
proses hidup sebagai dasar pendidikan; (5) Tujuan hidup dan tujuan pendidikan;
(6) Fungsi pendidikan dalam kehidupan manusia sebagai makhluk biologis; (7)
demokrasi pendidikan; dan (8) Aliran dalam filsafat pendidkan.
Pembahasan pertama pada buku ini
mengenai pemahaman dan pengertian filsafat, yang menjelaskan pengertian
filsafat di tinjau dari asal kata, pengertian filsafat menurut para filosof,
menurut beberapa penulis buku filsafat, pengertian filsafat menurut kamus, dan
pemaduan arti filsafat. Selanjutnya pembahasan
buku ini tentang filsafat di tengah-tengah berbagai karya budaya karena
filsafat merupakan salah satu kegiatan
atau hasil kegiatan yang menyangkut aktifitas oleh budi manusia.
Selanjutnya pembahasan tentang aliran dan cabang filsafatdari berbagai toko dan
aliran dalam filsafat.
Pembahasan dalam bab sudut pandang
filosofi pendidikan berkaitan antara filsafat dan pendidikan yang lebih di
konkretkan lagi, yaitu dengan mempertemukan cabang-cabang filsafat dan
aliran-aliran filsafat dalam pendidikan untuk untuk pelaksanaan pendidikan yang
sesuai dengan visi dan misi pendidikan. Pembahasan terakhir dalam buku ini
membahas tentang filsafat pendidikan di indonesia. Pendidikan yang berisi
tentang menyatunya filsafat dengan pendidikan menghasilkan cabang filsafat yang
di sebut filsafat pendidikan. Sesuai dengan salah satu karakter filsafat yang
melahirkan aliran-aliran, maka ada 3 aliran utama dalam filsafat pendidikan
yaitu progresivisme, eksensialisme, dan paranealisme.
Kelebihan buku filsafat pendidikan
materi yang di jelaskan hanya mengenai pokok-pokok terutam yang menyangkut
kasus yang terjadi pada kehidupan sehari-hari sehingga saya dengan mudah
melihat nilai praktis dari materi
filsafat pendidikan. Kekurangan buku filsafat pendidikan menuntut kegiatan
berpikir yang sungguh-sungguh dan harus memahami pengertian menurut para
filosof dan berbagai toko.
Saya dapat menarik kesimpulan bahwa
buku filsafat pendidikan menjelaskan tentang pemahaman filsafat, aliran dan
cabang-cabang filsafat dari berbagai tokoh. Dan menunjukan pada saya bahwa
filsafat merupakan hal yang biasa, tidak jauh berbeda dengan ilmu-ilmu yang
lain.
Saran
untuk buku ini lebih banyak menambah materi dari berbagai sumber. Buku ini
layak untuk matakuliah filsafat pendidikan.
TERIMA
KASIH
Komentar
Posting Komentar