FILSAFAT PAK

Nama : Dewi Karni Raya
Prodi : Pendidikan Agama Kristen
M K : Filsafat Pendidikan
Dosen :  Dr. Yohannis Siahaya.,M.Th

                                               RESENSI BUKU FILSAFAT PENDIDIKAN

Judul Buku : Filsafat pendidikan
Pengarang : Muhammad Anwar
Penerbit : Prenadamedia Group
Tahun Terbit : 2015
Tempat Terbit : jakarta
Tebal Buku : 176 halaman
           
Sebagai buku pembelajaran filsafat  pendidikan  yang di tujukan kepada mahasiswa bahwa filsafat merupakan hal yang biasa, tidak jauh berbeda dengan ilmu-ilmu yang lain dan dapat di alami dan dilakukan oleh semua orang yang dapat berfikir normal. Materinya di pilih hanya mengenain pokok-pokok yang menyangkut kasus yang terjadi pada kehidupan sehari-hari. Sehingga mahasiswa dengan mudah melihat nilai praktis dan materi filsafat pendidikan. Namun tidak mengurangi karakteristik filsafat yang memang menuntut  kegiatan berpikir yang sungguh-sungguh.
            Buku ini membahas perihal filsafat pendidikan yang lahir dari ilmu pendidikan sebagai ilmu pengetahuan praktis, mengandung maksud bahwa pendidikan sebagai aspek kebudayaan yang mempunyai tugas, antara lain menyalurkan nilai-nilai hidup, melestarikan, dan mengembangkan nilai-nilai tingkah laku kepada subjek didik yang bersumber dari filsafat dan atau kearifan orang tua dan keluarga. Pelaksanaa pendidikan tersebut juga merangkum antara teori pengetahuan dan filsafat yang terkadung. Di dalam  pelajaran yang di berikan para pendidik.
            Kajian utama dalam buku” filsafat pendidikan” ini secara komprehensif menyajikan dan membahas topik materi pokok filsafat, antara lain : (1) pengertian dan kedudukan filsafat dalam ilmu pengetahuan dan kehidupan manusia; (2) pengertian pendidikan dan filsafat pendidikan serta peranannya; (3) masalah pokok filsafat dan pendidikan; (4) proses hidup sebagai dasar pendidikan; (5) Tujuan hidup dan tujuan pendidikan; (6) Fungsi pendidikan dalam kehidupan manusia sebagai makhluk biologis; (7) demokrasi pendidikan; dan (8) Aliran dalam filsafat pendidkan.
            Pembahasan pertama pada buku ini mengenai pemahaman dan pengertian filsafat, yang menjelaskan pengertian filsafat di tinjau dari asal kata, pengertian filsafat menurut para filosof, menurut beberapa penulis buku filsafat, pengertian filsafat menurut kamus, dan pemaduan arti filsafat. Selanjutnya  pembahasan buku ini tentang filsafat di tengah-tengah berbagai karya budaya karena filsafat merupakan salah satu kegiatan  atau hasil kegiatan yang menyangkut aktifitas oleh budi manusia. Selanjutnya pembahasan tentang aliran dan cabang filsafatdari berbagai toko dan aliran dalam filsafat.
            Pembahasan dalam bab sudut pandang filosofi pendidikan berkaitan antara filsafat dan pendidikan yang lebih di konkretkan lagi, yaitu dengan mempertemukan cabang-cabang filsafat dan aliran-aliran filsafat dalam pendidikan untuk untuk pelaksanaan pendidikan yang sesuai dengan visi dan misi pendidikan. Pembahasan terakhir dalam buku ini membahas tentang filsafat pendidikan di indonesia. Pendidikan yang berisi tentang menyatunya filsafat dengan pendidikan menghasilkan cabang filsafat yang di sebut filsafat pendidikan. Sesuai dengan salah satu karakter filsafat yang melahirkan aliran-aliran, maka ada 3 aliran utama dalam filsafat pendidikan yaitu  progresivisme, eksensialisme, dan paranealisme
            Kelebihan buku filsafat pendidikan materi yang di jelaskan hanya mengenai pokok-pokok terutam yang menyangkut kasus yang terjadi pada kehidupan sehari-hari sehingga saya dengan mudah melihat nilai  praktis dari materi filsafat pendidikan. Kekurangan buku filsafat pendidikan menuntut kegiatan berpikir yang sungguh-sungguh dan harus memahami pengertian menurut para filosof dan berbagai toko.
            Saya dapat menarik kesimpulan bahwa buku filsafat pendidikan menjelaskan tentang pemahaman filsafat, aliran dan cabang-cabang filsafat dari berbagai tokoh. Dan menunjukan pada saya bahwa filsafat merupakan hal yang biasa, tidak jauh berbeda dengan ilmu-ilmu yang lain.
Saran untuk buku ini lebih banyak menambah materi dari berbagai sumber. Buku ini layak untuk matakuliah filsafat pendidikan.
             


TERIMA KASIH

Komentar

Postingan Populer