JURNAL 1 TEKNOLOGI PEMBELAJARAN

Nama : Dewi Karni Raya
Prodi : PAK
Sem   : V
M.K  : Media dan Teknologi Pembelajaran
Dosen : Dr. Johannis Siahaya.,M.Th

JURNAL 1
Hari/tanggal
Bacaan
Topik
Halaman
Penjelasan
25 sept 2017
Pendidikan Karakter

·         Pengarang: Thomas Lickona

·         Tahun penulisan : 2012


·         Penerbit : Kreasi Wacana

·         Halaman : 41-61


·         isi


Membesarkan anak berkarakter
41-61 halaman
Psikologi Roberth Evans,  mengingatkan kita bahwa dalam buku mereka pada tahun 1992, America’s Smallest School: the Family, pendidik Paul Barton  dan Richard Coley memprediksi kegagalan reformasi sekolah jika mengabaikan faktor dasar. Bagi paul keluarga adalah tempat lahirnya pengetahuan. Mereka meunjukan bahwa prestasi murid meningkat, ketika ada 2 orang tua dirumah ketika anaknya diperhatikan dengan baik dan merasa aman. Ketika lingkungan keluaga mendorong mereka secara intelektual, dan orang tua tidak hanya membatas mendorong anaknya untu berprestasi, tapi juga sebagai orang tua mereka harus terus memantau anaknya daam hal belajar. Keluarga adalah fondasi bagi perkembangan intelektualmaupun moral, yang membantu para orang tua yang baik ialah satu-satunya hal yang paling penting yang dapat dilakukan sekolah untuk membantu pra murid mengembangkan karakter yang kuat dan berhasil secara akademik. Ada beberapa prinsip praktis mendidik anak, yang dapat membimbing  kita dalam pekerjaan membangun karakter yang banyak menuntut namun bermanfaat yaitu :
1.      Buatlah pembangunan karakter sebagai prioritas.
Seorang pendidik, James Stenson mengamati para orang tua yang berhasil melihat diri mereka sedang membesarkan orang-orang dewasa. Mereka memandang anak-anak mereka sebagai orang dewasa yang sedang diproses.
2.      Jadilah orang tua yang otoritatif.
Orang tua yang otoritatif adalah orang tua yang mempunyai perasaan yang kuat atas otoritas moral mereka, yang berhak untuk dihargai dan dipatuhi. Pada tahun 1960-an banyak orang dewasa yang kehilangan keyakinan pada otoritas moral mereka, Diana Baumrind , seorang profesor psikologi di Universitas California di Berkeley, mulai melakukan riset yang menunjukan bahwa otoritas orang dewasa, jika dilaksanakan dengan tepat, maka sangat penting bagi perkembangan moral anak-anak remaja. Dengan mengamati keluarga secara langsung, Baumrind mendefenisi 3 gaya pengasuhan anak yaitu
 otoritatif, otoriter dan permisif. Orang tua yang otoriter menggunakan banyak perintah dan ancaman, namun sedikit penalaran. Orang tua yang permisif sangat menyayangi namun sedikit otoritasnya rendah. Sebaliknya orang tua yang otoritatif menggabungkan otoritas yang pasti penalaran, kejujuran, dan cinta.
KESIMPULAN:
*      Untuk membangun suatu gaya yang otoritatif, kita harus mempunyai tekad kebijakan batas toleransi bagi perilaku dan pembicaraan yang tidak sopan.







Komentar

Postingan Populer