PERENCANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : Sekolah
Menengah Pertama
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Kristen
Nama Guru : Dewi Karni Raya
Materi Pokok : Hidup bersyukur dalam segala situasi
Bobot sks : 2 sks
Alokasi Waktu : 2 jam
pelajaran (2x45 menit)
Tahun Ajaran : 2016/2017
A. Standar Kompetensi
Nilai-nilai Kristiani:
Hidup bersyukur dalam segala situasi
serta mewujudkan hidup beriman dan
berpengharapan.
B. Kompetensi dasar.
Hidup
bersyukur dalam segala situasi.
C. Indikator
1. Menjelaskan
makna hidup bersyukur
2. Menyebutkan
alasan bersyukur
3. Menunjukan
sikap bersyukur atas kuasa dan kasih Allah dalam hidupnya dengan menghargai
waktu, talenta dan dirinya sendiri.
D. Materi Pokok
1. Arti
bersyukur yang Alkitabiah dalam suka dan duka
2. Alasan
bersyukur
3. Wujud
hidup bersyukur atas kuasa dan kasih Allah
4. Menghargai
waktu, talenta, dan sesamanya
E. Tujuan Pembelajaran
Agar
peserta didik mampu memahami dan
memaknai apa yang dimaksud dengan “bersyukur dalam segala situasi” dan peserta
didik juga diarahkan supaya mereka memperoleh
hasil yang memuaskan dan menjadi berkat
bagi diri sendiri dan lingkungan sekitar tempat tinggal mereka.
F.
Metode
Pembelajaran
Ceramah,
tanya jawab, dan pemberian tugas.
G. Penilaian
1.
Presensi
dan partisipasi kelas: 20%
Kehadiran merupakan hal penting bagi
peserta didik agar bisa mendengar isi, memahami konteks, di beri informasi
tentang perkembangan karakter rohaninya sendiri, dan memahami bagaimana cara
mengembangkan keterampilan kompetensi dalam menerapkan dan membagikan pelajaran
dari Pendidikan Agama Kristen.
2.
Presentasi
tugas: 10%
Setiap peseta didik wajib mengumpulkan
tugas sebelum kelas dimulai. Peserta didik
akan di beri tugas untuk membuat buku mingguan disetiap pertemuan kelas.
Melalui tugas-tugas ini peserta akan di latih supaya lebih memahami akan
kebenaran Firman Tuhan, juga terampil dalam membuat presentasi yang bermanfaat
bagi hidupnya sendiri.
3.
UTS
dan UAS 50% (masing-masing 25%)
4.
Praktek:
20%
Praktek merupakan hal yang penting bagi
peserta didik, dimana kita menguji peserta didik untuk berani berbicara di
depan banyak orang.
5.
Keterangan
nilai adalah sebagai berikut.
1. Nilai
A : menunjukan prestasi yang sangat baik pada keaktifan, gagasan-gagasan dalam
kelas serta hasil ujian.
2. Nilai
B : kualitas kerja memuaskan.
3. Nilai
C: kualitas kerja yang minimal dan tidak memnuhi standar yang diharapkan.
4. nilai
D : kualitas kerja tidak memuaskan.
5. Nilai
E : gagal
H. Keterangan
1. Pertemuan
ini dibagi kedalam 14 kali tatap muka ( termasuk UTS dan UAS). Setiap tatap
muka berlangsung 90 menit, setiap hari rabu dan hari lain dalam seminggu yang
sama sesuai jadwal yang ditentukan bersama dengan guru yang bersangkutan.
2. Kehadiran.
Setiap peserta didik diminta hadir tepat waktu, guru pembimbing juga memiliki
kewajiban untuk masuk kelas tepat pada waktunya. Ketidakhadiran peserta didik
lebih dari 3 kali akan medapatkan peringatan dari guru pembimbing.
I.
Guru pembimbing
Dewi
Karni Raya
J.
Jadwal Kuliah
|
NO
|
WAKTU
|
POKOK
PEMBAHASAN
|
BENTUK
PEMBELAJARAN
|
|
1.
|
P1-2
|
·
Perkenalan dan Penjelasan tentang silabus
|
Ceramah
|
|
2.
|
P3-4
|
·
Mendefinisikan arti bersyukur dari sudut alkitab:
Mazmur 138, 139, Lukas 17: 11-19
|
Ceramah dan
diskusi
|
|
3.
|
P5-6
|
·
Aktif melaksanakan ibadah sebagai cara bersyukur
karena Allah telah memberi keselamatan
|
Ceramah dan
diskusi
|
|
4.
|
|
·
Diskusi kelompok
|
Presentasi
peserta didik
|
|
5.
|
P7
|
·
Ujian Tengah Semester
|
Akademis
|
|
6.
|
P8-9
|
·
Mengidentifikasi talenta yang dimiliki olehmasing-masing siswa
|
Ceramah dan
diskusi
|
|
7.
|
P10
|
·
Melakukan tukar pikiran dengan sesama siswa
tentang talenta yang dimiliki oleh setiap siswa
|
Ceramah dan
diskusi
|
|
8.
|
P11-12
|
·
Diskusi kelompok
|
Presentasi
peserta didik
|
|
9.
|
P13-14
|
·
Ujian Akhir Semester
·
praktek
|
|
K.
Sumber belajar : Alkitab, buku PAK,
lingkungan, media cetak
Yogyakarta,
Mei 2017
Guru
Pembimbing
Dewi
Karni Raya
Komentar
Posting Komentar