SILABUS STRATEGI PEMBELAJARAN

                               
              S I L A B U S & R  P  P
Mata Kulia  : Strategi Pembelajaran
SKS                : 2
Hari/jam       : Selasa/09.45-11.25
Pengampu     : Dr. Johannis Siahaya., M.Th

Deskripsi Singkat:
Mata kuliah ini mengkaji dan menganalisis hakikat dan mana strategi pembelajaran, mengidentifikasi berbagai upaya menata faktor eksternal agar terjadinya pembelajaran yang efektif, efesien, dan berarah tujuan untuk mencapai hasil belajar yang optimal. Menganalisis taksonomi Variabel dalam pembelajaran (tujuan pembelajaran dan karakteristik bidang studi, kendala, karakteristik peserta didik, strategi pengorganisasian pembelajaran, strategi penyampaian pembelajaran, strategi pengeloaan pembelajaran).
Dasar pertimbangan pemelihan strategi pembelajaran, pemanfaatan sumber belajar baik yang didesain maupun yang non di desain untuk strategi pembelajaran. Berbagai contoh penyusunan strategi pembelajaran dan contoh-contoh praktek terbaik dalam implementasi ( Best practice) tentang strategi pembelajaran. Pemahaman karakteristik internal peserta didik, dan upaya pembelajaran yang didasarkan pada teori belajar, menganalisis kasus-kasus strategi pembelajaran dilapangan.

Standar Kompetensi:
Setelah berakhirnya semester ini mahasiswa yang mengikuti perkuliahan ini diharapkan akan mampu :
1.      Mengidentifikasi hakekat dan makna strategi pembelajaran, mengkaji dan menganalisis taksonomi variabel dalam sistem pembelajaran.
2.      Menata komponen sistempembelajaran untuk menyusun strategi pembelajaran agar terjadi proses belajar pada peserta didik untuk mencapai belajar yang optimal.
3.      Dasar pertimbangan pemelihan strategi pembelajaran, mengaplikasikan berbagai strategi pembelajaran dengan menggunakan metode, dan teknik serta taktik pembelajaran dalam suatu contoh situasi pembelajaran.
4.      Analisis kasus pembelajaran dilapangan dalam kaitannya penggunaan strategi pembelajaran.
Tujuan Perkuliahan:
a.      Kompotensi Utama
Setelah berakhirnya perkuliahan ini diharapkan mahasiswa akan mampu :
1.      Mengeksplorasi hakekat dan makna strategi pembelajaran, mampu menganalisis dan membuat kaitan antara variable yang berkaitan dengan penggunaan strategi pembelajaran. Penataan komponen eksternal untuk mendukung terjadinya pembelajaran efektif, efesien, dan berarah tujuan untuk mencapai hasil belajar yang optimal.
2.      Menganalisis karakteristik dan tipe bahan ajar dan dasar pemelihan dan pemanfataan sumber belajar dalam pembelajaran. Mengidentifikasi berbagai jenis  strategi pembelajaran. Mengaplikasikan berbagai strategi pembelajaran dalam contoh pembelajaran, mengembangkan berbagai strategi pembelajaran kedalam tataran yang lebih konkrit dalam kegiatan pembelajaran.
3.      Menelaah kasus-kasus pembelajaran dikelas dan upaya strategi pembelajarannya.
b.      Kompetensi Khusus
Setelah berakhirnya perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan akan mampu:
1.      Mengidentifikasi makna dan hakekat dan lingkup dan tujuan kegiatan strategi pembelajaran.
2.      Menjelaskan konsep-konsep yang terkait dengan strategi pembelajaran.
3.      Mengidentifikasi taksonomi variabel pembelajaran.
4.      Mengidentifikasi karakteristik internal peserta didik.
5.      Mengidentifikasi karakteristik bidang studi.
6.       Mampu memberikan dasar pertimbangan dalam pemelihan strategi pembelajaran.
7.      Menyusun strategi pembelajaran yang berorientasi pada aktivitas peserta didik.
8.      Menyusun strategi pembelajaran dengan metode ekspositori (SPE)
9.      Menyusun strategi pembelajaran dengan metode inkuri.
10.  Menyusun strategi pembelajaran berbasis masalah
11.  Menyususn strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir (SPPKB)
12.  Menyusun strategi pembelajaran dengan metode kooperatif
13.  Menyusun strategi pembelajaran kontekstual
14.  Menyusun strategi pembelajaran afektif
15.  Pemanfaatan sumber belajara dalam pembelajaran.
16.  Menyusun strategi pembahasan kasus pembelajaran dikelas.

Kegiatan Perkuliahan
Metode yang digunakan yaitu:
1.      Ceramah dan tanya jawab
2.      Penugasan secara kelompok dan presentasi atas hal penelusuran dan kajian, terhadap strategi pembelajaran.
3.      Penugasan secara kelompok untuk melakukan observasi lapangan terhadap praktek pembelajaran dikelas.
4.      Penugasan secara individual untuk penelusuran sumber-sumber strategi pembelajaran.
Tugas-tugas Mahasiswa
1.      Menelusuri berbagai sumber baik cetak maupun elektronik yang terkait dengan penugasan, menyusun laporan, dan mempresentasikan dalam forum kelas dalam tugas kelompok.
2.      Secara individu menelusuri sumber-sumber baik melalui media cetak maupun elektronik untuk merespon perkuliahan secara individu.
3.      Mengikuti perkulihan, aktif dalam diskusi dan merespon kegiatan dikelas.
4.      Melakukan studi/observasi lapangan yang terkait dengan kasus strategi pembelajaran dilapangan.
5.      Mengikuti UTS,dan UAS
Kriteria Evaluasi:
1.      Kriteria evaluasi untuk tugas kelompok dari aspek tingkat kejelasan hasil kajian, analisis dan evaluasi serta presentasi hasil kajian dan penelusuran.
2.      Kriteria hasil evaluasi tugas individu adalah dari aspek: konsep dasar, dan relevansi dalam kegiatan pembelajaran.
3.      Penelusuran sumber, kesimpulan dan komentar atas sumber yang telah ditelasuri.
4.      Presentasi kelompok ditinjau dari: teknik penyajian, cara menanggapi saran, pertanyaan dan membuat kesimpulan.
Sistem Penilaian
1.      Presentasi              :10%
2.      Partisipasi              :10%
3.      Tugas kelompok    :30%   
4.      UTS                       :20%
5.      UAS                      :30%
Hasil Evaluasi :
Hasil evaluasi merupakan komulatif dari jumlah kehadiran, penyelesaian tugas kelompok, pemaparan makalah dan diskusi, tugas individual, UTS dan akhir semester.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
TM
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator 
materi Pokok
Pengalaman belajar
waktu
sumber
penilaian
1-2
Menjelaskan hakekat strategi pembelajaran
Indikator masing-masing KD diuraikan pada RPP
1.      Hakekat strategi pembealajaran
a.       Pengertian strategi pembelajaran
b.      Hubungan strategi, model dan metode pembelajaran
Melakukan kaji literatur melakukan tanya jawab penelusuran sumber
200’
Disesuikan dengan sumber yang ada sesuai nomor yang dirujuk
a.       Ujian mid semester
b.      Ujian semester
c.       Kuis
d.      Presentasi
e.       Tugas
f.       kinerja
3-5
Memerinci ragam strategi pembelajaran

2.      Ragam strategi pembelajaran
Mempresentasikan ragam pembelajaran
300’


6-10
Melaksanakan strategi pembelajaran tertentu untuk pembelajaran

3.      Berbagai strategi atau model pembelajaran yang disimulasikan
a.       Karakteristik pembelajaran
b.      Strategi/model pembelajaran
c.       Pembelajaran portofilio
Mengkaji literatur melakukan tanya jawab simulasi
600’

UTS 100’
12
Menjelaskan hakekat media pembelajaran

4.      Hakekat media pembelajaran
a.       Pengertian media
b.      Fungsi media
c.       Jenis media
Mengkaji literatur dan mempresentasikan kembali
100’


13
Memerinci ragam pembelajaran

5.      Media pembelajaran untuk PAK
a.       Macam media untuk Pak
Mengklasifikasikan berbagai media mempresentasikan
100


14-15
Menggunakan suatu media tertentu untuk pembelajaran

6.      Berbagai media untuk pembelajaran PAK
Membuat dan mensimulasikan penggunaan media
200


16
UAS



100





Komentar

Postingan Populer