SILABUS STRATEGI PEMBELAJARAN
S I L A B U S & R P P
Mata
Kulia : Strategi Pembelajaran
SKS
: 2
Hari/jam : Selasa/09.45-11.25
Pengampu : Dr. Johannis Siahaya., M.Th
Deskripsi
Singkat:
Mata kuliah ini
mengkaji dan menganalisis hakikat dan mana strategi pembelajaran,
mengidentifikasi berbagai upaya menata faktor eksternal agar terjadinya
pembelajaran yang efektif, efesien, dan berarah tujuan untuk mencapai hasil
belajar yang optimal. Menganalisis taksonomi Variabel dalam pembelajaran
(tujuan pembelajaran dan karakteristik bidang studi, kendala, karakteristik
peserta didik, strategi pengorganisasian pembelajaran, strategi penyampaian
pembelajaran, strategi pengeloaan pembelajaran).
Dasar pertimbangan
pemelihan strategi pembelajaran, pemanfaatan sumber belajar baik yang didesain
maupun yang non di desain untuk strategi pembelajaran. Berbagai contoh
penyusunan strategi pembelajaran dan contoh-contoh praktek terbaik dalam
implementasi ( Best practice) tentang strategi pembelajaran. Pemahaman
karakteristik internal peserta didik, dan upaya pembelajaran yang didasarkan
pada teori belajar, menganalisis kasus-kasus strategi pembelajaran dilapangan.
Standar
Kompetensi:
Setelah berakhirnya semester
ini mahasiswa yang mengikuti perkuliahan ini diharapkan akan mampu :
1. Mengidentifikasi
hakekat dan makna strategi pembelajaran, mengkaji dan menganalisis taksonomi
variabel dalam sistem pembelajaran.
2. Menata
komponen sistempembelajaran untuk menyusun strategi pembelajaran agar terjadi
proses belajar pada peserta didik untuk mencapai belajar yang optimal.
3. Dasar
pertimbangan pemelihan strategi pembelajaran, mengaplikasikan berbagai strategi
pembelajaran dengan menggunakan metode, dan teknik serta taktik pembelajaran
dalam suatu contoh situasi pembelajaran.
4. Analisis
kasus pembelajaran dilapangan dalam kaitannya penggunaan strategi pembelajaran.
Tujuan
Perkuliahan:
a. Kompotensi Utama
Setelah
berakhirnya perkuliahan ini diharapkan mahasiswa akan mampu :
1. Mengeksplorasi
hakekat dan makna strategi pembelajaran, mampu menganalisis dan membuat kaitan
antara variable yang berkaitan dengan penggunaan strategi pembelajaran.
Penataan komponen eksternal untuk mendukung terjadinya pembelajaran efektif,
efesien, dan berarah tujuan untuk mencapai hasil belajar yang optimal.
2. Menganalisis
karakteristik dan tipe bahan ajar dan dasar pemelihan dan pemanfataan sumber
belajar dalam pembelajaran. Mengidentifikasi berbagai jenis strategi pembelajaran. Mengaplikasikan
berbagai strategi pembelajaran dalam contoh pembelajaran, mengembangkan
berbagai strategi pembelajaran kedalam tataran yang lebih konkrit dalam
kegiatan pembelajaran.
3. Menelaah
kasus-kasus pembelajaran dikelas dan upaya strategi pembelajarannya.
b. Kompetensi Khusus
Setelah
berakhirnya perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan akan mampu:
1. Mengidentifikasi
makna dan hakekat dan lingkup dan tujuan kegiatan strategi pembelajaran.
2. Menjelaskan
konsep-konsep yang terkait dengan strategi pembelajaran.
3. Mengidentifikasi
taksonomi variabel pembelajaran.
4. Mengidentifikasi
karakteristik internal peserta didik.
5. Mengidentifikasi
karakteristik bidang studi.
6. Mampu memberikan dasar pertimbangan dalam
pemelihan strategi pembelajaran.
7. Menyusun
strategi pembelajaran yang berorientasi pada aktivitas peserta didik.
8. Menyusun
strategi pembelajaran dengan metode ekspositori (SPE)
9. Menyusun
strategi pembelajaran dengan metode inkuri.
10. Menyusun
strategi pembelajaran berbasis masalah
11. Menyususn
strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir (SPPKB)
12. Menyusun
strategi pembelajaran dengan metode kooperatif
13. Menyusun
strategi pembelajaran kontekstual
14. Menyusun
strategi pembelajaran afektif
15. Pemanfaatan
sumber belajara dalam pembelajaran.
16. Menyusun
strategi pembahasan kasus pembelajaran dikelas.
Kegiatan
Perkuliahan
Metode yang digunakan
yaitu:
1. Ceramah
dan tanya jawab
2. Penugasan
secara kelompok dan presentasi atas hal penelusuran dan kajian, terhadap
strategi pembelajaran.
3. Penugasan
secara kelompok untuk melakukan observasi lapangan terhadap praktek
pembelajaran dikelas.
4. Penugasan
secara individual untuk penelusuran sumber-sumber strategi pembelajaran.
Tugas-tugas
Mahasiswa
1. Menelusuri
berbagai sumber baik cetak maupun elektronik yang terkait dengan penugasan,
menyusun laporan, dan mempresentasikan dalam forum kelas dalam tugas kelompok.
2. Secara
individu menelusuri sumber-sumber baik melalui media cetak maupun elektronik
untuk merespon perkuliahan secara individu.
3. Mengikuti
perkulihan, aktif dalam diskusi dan merespon kegiatan dikelas.
4. Melakukan
studi/observasi lapangan yang terkait dengan kasus strategi pembelajaran
dilapangan.
5. Mengikuti
UTS,dan UAS
Kriteria
Evaluasi:
1. Kriteria
evaluasi untuk tugas kelompok dari aspek tingkat kejelasan hasil kajian,
analisis dan evaluasi serta presentasi hasil kajian dan penelusuran.
2. Kriteria
hasil evaluasi tugas individu adalah dari aspek: konsep dasar, dan relevansi
dalam kegiatan pembelajaran.
3. Penelusuran
sumber, kesimpulan dan komentar atas sumber yang telah ditelasuri.
4. Presentasi
kelompok ditinjau dari: teknik penyajian, cara menanggapi saran, pertanyaan dan
membuat kesimpulan.
Sistem
Penilaian
1. Presentasi
:10%
2. Partisipasi :10%
3. Tugas
kelompok :30%
4. UTS :20%
5. UAS :30%
Hasil
Evaluasi :
Hasil evaluasi
merupakan komulatif dari jumlah kehadiran, penyelesaian tugas kelompok,
pemaparan makalah dan diskusi, tugas individual, UTS dan akhir semester.
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
|
TM
|
Kompetensi
Dasar (KD)
|
Indikator
|
materi Pokok
|
Pengalaman
belajar
|
waktu
|
sumber
|
penilaian
|
|
1-2
|
Menjelaskan
hakekat strategi pembelajaran
|
Indikator
masing-masing KD diuraikan pada RPP
|
1.
Hakekat strategi pembealajaran
a.
Pengertian strategi pembelajaran
b.
Hubungan strategi, model dan metode pembelajaran
|
Melakukan
kaji literatur melakukan tanya jawab penelusuran sumber
|
200’
|
Disesuikan
dengan sumber yang ada sesuai nomor yang dirujuk
|
a.
Ujian mid semester
b.
Ujian semester
c.
Kuis
d.
Presentasi
e.
Tugas
f.
kinerja
|
|
3-5
|
Memerinci
ragam strategi pembelajaran
|
|
2.
Ragam strategi pembelajaran
|
Mempresentasikan
ragam pembelajaran
|
300’
|
|
|
|
6-10
|
Melaksanakan
strategi pembelajaran tertentu untuk pembelajaran
|
|
3.
Berbagai strategi atau model pembelajaran yang
disimulasikan
a.
Karakteristik pembelajaran
b.
Strategi/model pembelajaran
c.
Pembelajaran portofilio
|
Mengkaji
literatur melakukan tanya jawab simulasi
|
600’
|
|
UTS
100’
|
|
12
|
Menjelaskan
hakekat media pembelajaran
|
|
4.
Hakekat media pembelajaran
a.
Pengertian media
b.
Fungsi media
c.
Jenis media
|
Mengkaji
literatur dan mempresentasikan kembali
|
100’
|
|
|
|
13
|
Memerinci
ragam pembelajaran
|
|
5.
Media pembelajaran untuk PAK
a.
Macam media untuk Pak
|
Mengklasifikasikan
berbagai media mempresentasikan
|
100
|
|
|
|
14-15
|
Menggunakan
suatu media tertentu untuk pembelajaran
|
|
6.
Berbagai media untuk pembelajaran PAK
|
Membuat
dan mensimulasikan penggunaan media
|
200
|
|
|
|
16
|
UAS
|
|
|
|
100
|
|
|
Komentar
Posting Komentar